MAMUJU,POROSSULBR – Salah satu rangkaian Festival Budaya Islami Pemerintah Kabupaten Mamuju ialah pertunjukan Sayyang Pattuqdu atau Kuda Menari. Terdapat 150 ekor kuda memeriahkan festival yang berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra, pada Selasa (25/7) sore.

Berdasarkan keterangan Ketua Koordinator Sayyang Pattuqdu, Abd. Majid, kuda-kuda tersebut sengaja didatangkan dari Kabupaten Polewali Mandar, Kab. Majene, termasuk dari Kab. Mamuju. Secara rinci ia menyebut, 105 ekor dari Polewali Mandar, 25 ekor dari Majene dan 20 ekor dari Mamuju.

“total keseluruhan ada 150 ekor kuda. Sejak kemarin, mereka sudah ada di Mamuju, kedatangannya berangsur sampai tadi pagi.” Sebut Abd. Majid yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Kemenag Kab. Mamuju.

BACA JUGA: Pemkab Mamuju Gelar Khatam Quran Massal

Selain untuk ditunggangi oleh santri yang telah melakukan khatam al-quran, kuda Sayyang Pattuqdu tersebut juga ditunggangi oleh Mentri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid dan Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababari, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Nandang serta beberapa pejabat lainnya, dari Halaman d’Maleo Hotel sampai Anjungan Pantai Manakarra.

Laporan: hms/Farid Al-Jawani