Sekprov Sulbar Tinjau Korban Banjir Bandang di Kalukku

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Sekprov Sulbar, Muhammad Idris melakukan peninjauan korban banjir di Kelurahan Bebanga Kecamatan Kalukku, Senin (4/3/2019) didampingi Kepala BPBD Sulbar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan.

Pemantauan secara langsung ini, saya tidak dibayangkan separah ini kejadian Kamis malam lalu, saya pikir ini cuma genangan air dalam kota, tapi ternyata ini sangat besar dampaknya dan kalau kita lihat akibat yang ditimbulkan dari malapetaka ini,” kata Muhammad Idris.

Ia juga menyampaikan,  banyak hal dari peristiwa tersebut, bahwa masyarakat pemerintah dan warga negara yang ada disini khususnya di Sulbar tentu harus ada kesadaran peringatan-peringatan.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris bersama Kepala BPBD Sulbar, Darno Majid dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulbar, Ny.Kartini Idris saat meninjau sekaligus melakukan penyerahan bantuan kepada korban banjir di Kampung Baru Kelurahan Bebanga,Kecamatan Kalukku, Senin, 4 Maret 2019.

“Musibah ini bisa terjadi karena alam melebihi kapasitas curah hujan yang ada,  tetapi  dengan kejadian ini jangan sampai ada kelalaian manusia yang ada didalamnya.

Kita bersyukur karena tidak ada korban jiwa, tetapi dari kerugian materi sangat besar,  ini kesempatan untuk sekaligus mendemonstrasikan bagaimana bekerja bersama antar komponen  yang bertanggung jawab seperti BNPB kabupaten, BNPB provinsi,  kawan kawan Korem, Kodim, Polres, Lurah, Camat, dan LSM yang bergerak di bidang itu harus dibiasakan,” sebut Idris.

Masih kata Idris,  kerja ini harus reaksi cepat diperagakan,  harus ada target empat sampai lima hari kedepan harus selesai, kalau tidak ada target nanti saling menunggu. Jadi kebersaman untuk menerjunkan alat berat harus langsung di data.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan rasa duka atas musibah ini,  mudah- mudahan bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih jauh lagi khususnya bagi warga di Sulbar,” sebutnya.

Bantuan antara lain berupa, bantuan yang terkait dengan normalisasi, misalnya bagaimana kita melihat  kesigapan pemerintah untuk membuat aliran sungai baru, normalisasi anak- anak sekolah.

Disebutkan, sekolah yang ditempati anak- anak belajar, dalam hitungan dua hari kedepan harus sudah bisa ditempati belajar.

Selanjutnya, bantuan materil seperti yang diserahkan Pemprov Sulbar, alakadarnya tapi diharapkan bermanfaat, kemudian bantuan dari Dharma Wanita yang diserahkan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provonsi Sulbar, Ny Kartini Idris berupa makanan siap saji bagi warga yang terdampak banjir.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BNPB pusat yang lebih cepat datang dan terjun ke lokasi banjir, bahkan lebih cepat dari Pemprov Sulbar.

(*ADV)