Siraman  “Kultum”  Ketua DK IJS,  di Acara Bukber Gubernur Sulbar

MAMUJU, POROSSULBAR – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM), menggelar acara buka bersama (Bukber) dengan para wartawan dan anak yatim, di rujab Gubernur Sulbar, Sabtu (26/5/18).

Seperti acara bukber pada umumnya, sebelum buka ada ceramah atau kultum yang disajikan dalam setiap kegiatan. Begitupun acara bukber di Rujab Gubernur Sulbar ini.

Adalah Ketua Dewan Kehormatan (DK) Ikatan Jurnalis Sulbar (IJS), Ashari Rauf, yang didaulat untuk mengisi Kultum tersebut.

Dalam ceramahnya, Ashari menyampaikan, bahwa momentum Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk memperbaiki diri, meningkatkan ibadah dan menggugurkan dosa yang pernah dilakukan.

“Dalam hidup ini tentu banyak kesalahan, kekhilafan dan dosa. Olehnya, ramadhan ini merupakan kesempatan kita untuk menghapus noda dan dosa. Ramadhan menjadi momen untuk bermuhasabah diri agar lebih baik,” kata Ashari di hadapan Gubernur, pimpinan OPD Sulbar dan puluhan wartawan.

“Man Shoma Romadhona Imanan Wahtisaban Ghufiro lahu Maa Taqoddama Min Dzanbih. Artinya: Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan sungguh-sungguh dengan Iman dan berharap pahala dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” sambung Ashari mengutip hadits Rasulullah SAW.

Ashari juga mengulas keutamaan Ramadhan. Dia menyebut, bulan ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al Qur’an, dan turunnya lailatul qadar.

“Ramadhan ini juga momen melipat gandakan pahala yang kita lakukan. Olehnya mari kita banyak beribadah di bulan suci ini, mulai dari sholat fardu sebagai kewajiban, memperbanyak membaca Alquran, bersilaturahmi dan amaliah ramadhan lainnya,” katanya.

Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kab Mamuju ini juga menambahkan, bahwa tugas seorang wartawan sangat mulia, sebagai pembawa berita. Sepanjang berita yang ditulis berdampak baik kepada masyarakat, maka pahalanya juga akan dilipat gandakan.

“Makanya di setiap kesempatan saya selalu menyebut bahwa, tugas wartawan itu seperti tugas Nabi, membawa berita gembira, berita yang menyejukkan, berita yang menggembirakan masyarakat. Maka mari kita menjalankan tugas mulia ini agar kita mendapat keberkahan ramadhan,” ucapnya.

“Termasuk mari kita terus membangun silaturahmi dengan baik. Orang yang silaturahminya bagus, maka akan dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rezekinya,” tambahnya.

Dalam kegiatan buka bersama itu, Gubernur Sulbar juga secara langsung membagikan sedekah kepada para anak yatim. (*/Asr)

#Rilis/HMS.IJS