MAMUJU, POROSSULBAR – Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra terpilih hasil Konferensi cabang (Konfercab) ke IV, Sopliadi, menggelar konferensi pers, Rabu (2/5/18) malam, di warkop Daeng Arif.

Kegiatan ini dihadiri puluhan kader HMI dari berbagai komisariat, seperti Komisariat Poltekes, Metro STIE, Fisipol dan Fikom Unika Mamuju serta pengurus HMI komisariat lainnya.

Dalam kesempatannya, Ketua HMI Cabang Manakarra terpilih periode 2018-2019, Sopliadi yang didampingi Sekretarisnya, Husain, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada stering comite dan panitia pelaksana konfercab ke- IV ini, yang telah sukses melaksanakan Konfercab.

“Alhamdulillah dalam konfercab HMI Cabang Manakarra ke- IV ini, saya terpilih secara aklamasi. Sehingga kami menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua, mulai dari stering comite dan panitia pelaksana konfercab ke- IV,” kata Sopliadi.

Dia berkomitmen, sesuai visi dan misinya, maka kedepan HMI akan terus melakukan konsolidasi optimal baik secara internal maupun eksternal. Salah satunya mengembalikan HMI ke kampus dan mewujudkan insan HMI yang berkualitas.

Kemudian, sambung mahasiswa asal STIE Muhammadiyah Mamuju ini, yakni merekonsisiliasi internal HMI, selanjutnya menyatukan sebuah lembaga kemahasiswaan nasional maupun organisasi di daerah.

“Kedepan, secara eksternal kita akan terus membangun komunikasi kepada kelompok cipayung atau organisasi sosial dan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan di daerah. Kita akan kembali merangkul, dan menjadi eksistensi pada ruang yang berbeda dari organisasi lainnya. Dimana HMI ini akan melihat potensi sosial hari ini,” jelasnya.

“Keterlibatan kita dengan beberapa lembaga cipayung, tentu dengan membangun koalisi untuk menciptakan ruang gerak sosial di sulbar ini,” tambahnya.

Secara internal, lanjut Sopliadi, pihaknya juga berkomitmen untuk menjalankan peran positif di internal dalam rangka pembinaan kader dan insan-insan HMI agar semakin baik dan berkualitas.

“Secara internal HMI itu sendiri, tentunya lembaga ini akan berperan dalam kehidupan sosial, mengawal polemik sosial yang tidak mampu terselesaikan, dan konsisten dalam menjawab problematika sosial,” ucapnya.

Dia menambahkan, selaku ketua formatur terpilih, dalam waktu dekat ini progres pengusulan SK ke Pengurus Besar (PB) HMI juga akan dilakukan setelah pelaksanaan pemilihan Ketua Korps HMI-Wati (KOHATI) HMI Cabang Manakarra.

“Soal proses pengurusan SK tentu melalui mekanisme yang ada dan menunggu beberapa proses lainnya. Kita akan lakukan pemilihan KOHATI dulu, karena itu bagian dari mekanisme kelengkapan berkas untuk dibawa ke PB HMI,” sebutnya.

Di akhir acara, tak lupa Sopliadi menyampaikan rasa bangga kepada pengurus HMI Cabang Manakarra demisioner atas dedikasinya dalam membawa organisasi HMI di Mamuju semakin baik.

“Juga saya ucapkan terimakasih kepada demisioner ketua dan pengurus HMI Cabang Manakarra sebelumnya. Sejauh ini sangat berkontribusi besar bagi HMI secara internal dan eksternal. Track record yang sangat memuaskan di masa periodenya,” kunci Sopliadi. (*/Asr)

#Release.