MAMUJU, POROSSULBAR – Dinas Kesehatan Kab. Mamuju melakukan advokasi, sosialisasi dan pelatihan singkat dalam rangka intensifikasi penemuan kusta dan frambusia, bertempat di Marannu Golden Hotel, sabtu (7/4/18).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hajrah As’ad mengatakan, penyakit ini merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kecacatan apabila tidak ditangani.

Olehnya itu, pelatihan yang dilaksanakan bertujuan agar dapat lebih intens menemukan kasus tersebut sehingga dapat segera ditangani dan pendetita tidak sampai cacat.

“Hari ini adalah bagaimana kita menemukan dan mencegah, supaya dia tidak masuk ke tingkat cacat. Kalau diobati dengan tuntas dia tidak akan cacat. Kalau kita menemukan dia masih dalam bentuk bercak itu masih bisa di cegah,” terang Hajrah.

Untuk diketahui, kegiatan advokasi, sosialisasi dan pelatihan singkat tersebut di ikuti sebanyak 60 peserta dari unsur Kementrian Kesehatan, Dinkes Provinsi, lintas sektor dan lintas program, Kepala Puskesmas, juga Camat dan Kepala Desa/Lurah,” tutupnya. (*/Asr)

#HMS.Dian H.