Suraidah Duka : DPRD Mamuju Akan Dorong Pembentukan Dewan Guru

 

MAMUJU, POROSSULBAR — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju akan mendorong pembentukan Dewan Guru. Demikian dimaksud untuk melindungi guru dari masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di internal sekolah.

Namun sebelum dibentuk Dewan Guru, terlebih dahulu dibuat payung hukumnya. Oleh karena itu, DPRD Mamuju akan segera merekomendasikan ke Pemerintah Daerah sebagai bahan pertimbangan untuk dibahas kedepannya.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Mamuju, St Suraidah Suhardi di ruang kerjanya, Jumat (29/3/19).

Kemudian yang terlibat di Dewan Guru adalah semua unsur, yang berfungsi membahas terlebih dahulu permasalahan yang muncul di internal guru, sebelum ditangani oleh aparat hukum.

“Dewan Guru ini, ketika ada masalah terlebih dahulu dia yang tangani, sebelum ditangani oleh aparat hukum,” terangnya.

Suraidah juga menyampaikan, meskipun kontrak politiknya dengan masyarakat mamuju akan berakhir pada bulan Agustus, ia berjanji akan tetap memperjuankan melalui partainya.

“Untuk memastikan saya belum bisa karena setelah ini bukan lagi yang didalam. Akan tetapi melalui Partai Demokrat, saya akan tetap menyuarakan untuk menyiapkan legal standing Dewan Guru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, niat pembentukan lembaga Dewan Guru ini berkaitan dengan maraknya kekerasan terhadap guru. Baik yang dilakukan oleh orang tua siswa maupun siswa terhadap gurunya. Sehingga muncul anspirasi dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) untuk menjaga perasaan khawatir para guru dalam mewujudkan tujuan pendidikan.

Sebelumnya IGI juga dan organisasi profesi lainnya, serta Ormas pemerhati pendidikan melakukan aksi damai di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju. Kemudian dlanjutkan menuju ke kantor DPRD Mamuju untuk hearing dengan anggota dewan. (**)