Sutinah Suhardi : Lods Pasar Gratis, Bukan Untuk Ajang Bisnis

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Lods – lods pasar yang merupakan bangunan milik pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat/ pedagang yang menempati Lods yang ingin berdagang.

“Namun ada kendala yang dikeluhkan oleh para pedagang yang dikarenakan oleh oknum-oknum tertentu untuk menjadikan ajang bisnis dengan mencari keuntungan di balik Lods-lods pasar tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, HJ. Sutinah Suhardi menegaskan, bilamana ada pemilik lods yang terdaftar di Dinas Perdagangan, terbukti menyewakan atau mengontrakkan lods kepada orang lain agar segera dilaporkan.

“Jadi, perlu para pedagang tau bahwa lods pasar itu tidak boleh dikontrakkan apalagi diperjual belikan, Lods itu gratis bagi siapa saja yang betul-betul  mau berdagang,” terangnya, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut, kata Sutinah, bahwa pihaknya juga mengakui telah meminta Kepala Pasar untuk mendata semua pedagang yang ada di Pasar Sentral Mamuju (Pasar Lama).

Namun pedagang yang menyewa / mengontrak lods pada oknum yang mengaku pemilik lods tidak mau menyebutkan nama, dan ini menjadi kendala bagi Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju.

“Pihak kami juga telah mengkroscek langsung ke pasar-pasar yang disebutkan itu sudah sesuai pedagang yang terdata.

Meskipun ada satu dua orang tetangganya melapor bahwa ada pemilik lods yang sedang mengontrakkan, akan tetapi tidak berani menyebutkan siapa nama yang dia tempati sewa/ kontrak, sehingga menjadi susah untuk kami tindaklanjuti dan kami sangat mengharapkan bantuan dari rekan-rekan Media untuk bisa membantu kami,” tutup Sutinah. (3nda)