MATENG, POROSSULBAR —Kabar baik datang dari Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Sembilan pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, Kamis (14/5/2020).

Sekertaris Dinas Kesehatan Mateng yang juga sebagai Tim Gugus Covid-19 Mateng, Nirmawiah membenarkan, sembilan pasien yang positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Delapan pasien tersebut dari Desa Pontanakayyang dan satu dari Tobadak.

Pemulangan pasien tersebut juga dihadiri oleh Tim Gugus Covid-19 Mamuju Tengah yakni Alamsyah (Anggota DPRD Mateng), Setya Bero (Kepala Dinkes Mateng), Awaluddin, (Sekretaris BPBD Mateng), Dinsos Mateng, Pihak TNI dan Polri, serta Keluarga Pasien

Lanjutnya, sebanyak sembilan orang pasien positif Covid-19 yang dikarantina di RSUD Mateng Pasien Ke 026 dan yang dikarantina di Puskesmas Salugatta Pasien Ke 031, 032, 040, 043, 045, 047, 050, dan 052 dinyatakan sembuh.

Mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali tes PCR (polymerase chain reaction). Kendati demikian mereka masih harus mengisolasi diri sendiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing.

“Pasien ini sudah dua kali diperiksa hasilnya negatif. Artinya sekarang kita sedang mengedukasi mereka, untuk persiapan pulang dengan melaksanakan self isolated.

Dia harus melakukan isolasi diri di lingkungan keluarganya, ini bukan sesuatu yang mudah karena kita harus menyampaikan dengan betul meskipun sudah negatif, masih kita harapkan mereka berhati-hati,” katanya.

Kesembilan pasien ini harus menggunakan masker, menghindari kerumunan di lingkungan sekitarnya dan yang lainnya selama masa kerantina diri. Terhitung sejak hari ini kesembilan pasien tersebut sudah diperbolehkan pulang kerumahnya masing-masing.

Kadis Kesehatan, Setya Bero, berharap tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mamuju Tengah terus meningkat.

“Semoga kesembuhan pasien Covid-19 kali ini menjadi penyemangat pasien yang lain untuk sembuh, serta tenaga medis yang sampai detik ini masih berjuang menangani pasien yang lain,” ucapnya.

Salah seorang pasien yang tak mau disebutkan namanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan baik para Dokter, tenaga medik maupun paramedis.

“Dan kepada semua yang sudah memberikan profesionalisme dan dedikasi terbaiknya untuk memberikan layanan merawat kami (pasien) baik yang positif covid-19 maupun yang PDP yang melayani kami dengan sepenuh hati,” ucapnya. (**)