MAMUJU, POROSSULBAR – Sepak terjang Lel. Abdul Thalib T (36) seorang honorer polisi khusus (Polsus) Kehutanan Kabupaten Mamuju, merupakan spesialis pemalsu sporadik tanah berakhir di tangan unit Intel Kodim 1418 Mamuju.

Pria bertubuh gempal asal Kecamatan Karossa, Desa Tasokko, Kabupaten Mamuju tengah ini ditangkap dirumahnya setelah kurang lebih 3 tahun melakukan aksi pemalsuan sporadik.

Penangkapan pelaku berawal dari laporan Babinsa, bahwa ada seseorang di Desa Kabuloang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju yang sering membuat dan memalsukan sporadik lalu kemudian diteruskan ke Unit Intel Kodim 1418 Mamuju untuk dilakukan penangkapan hari ini Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 12 siang dikediamannya.

Dari pelaku, Unit Intel Kodim 1418 Mamuju mengamankan sejumlah sporadik palsu yang telah ditandatangani, alias memalsukan tanda tangan Kepala Desa Kabuloang dan juga beberapa alat bukti lainnya seperti stempel dan buku album daftar nama-nama korban yang telah membuat sporadik palsu.

Saat dimintai keterangan di ruang Unit Intel Kodim 1418 Mamuju, pelaku mengatakan melakukan perbuatannya atas dasar ingin membeli sawit dan di suruh oleh seseorang berinisial T dan AM yang masih dalam pengejaran tim di lapangan.

Pasi Intel Kodim 1418 Mamuju, Letda Inf Makmur, mengungkapkan bahwa tersangka ini telah lama di intai oleh Unit Intel di lapangan karena telah mendapat laporan bahwa tersangka ini telah memakan ratusan korban, ada dari unsur masyarakat, ASN, TNI maupun Polri.

“Kades Kabuloang juga tak menampik bahwa ada sporadik yang dijual tersangka seharga Rp 400.000 itu palsu, karena Kades Kabuloang tak pernah menandatangani sporadik yang di buat pelaku itu.

Makmur juga berharap masyarakat tidak cepat percaya dengan oknum – oknum yang menawarkan jasa pembuatan sporadik sebelum melihat latar belakang orang tersebut,” jelasnya.

Sampai berita ini diturunkan pelaku masih dimintai keterangan di ruang Pasi Intel Kodim 1418 Mamuju. (**)