Visitasi Dari 606 Sekolah/Madrasah Di Sulbar, Hanya Empat Sekolah Akreditasi A

 

MAMUJU, POROSSULBAR – Selama Tahun 2018 ada sebanyak 606 sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan MI, MTs, MA yang tersebar di Prov Sulawesi Barat telah dilakukan Visitasi dan hasilnya hanya ada 4 Sekolah yang memiliki Akreditasi (A), (B) 84 sekolah, (C) 350 sekolah dan sisanya ada 168 sekolah yang tidak terakreditasi.

Hal itu diungkapkan Ketua BAN S/M Sulbar, H Amran HB, S.Ag, M.Pd. Saat wawancara kepada sejumlah media pada rapat koordinasi daerah dan diskusi publik hasil akreditasi tahun 2018. Di d’Maleo Hotel, Rabu (19/12/18).

“Dari 606 Sekolah/Madrasah se- Sulbar yang telah Disivitasi, terdapat 438 sekolah yang terakreditasi dan hanya 4 sekolah yang Akreditasi A. Selebihnya hampir sepertiganya yang tidak terakreditasi,” beber Amran.

Sekolah yang mendapatkan Akreditasi A, yakni SD Negeri 1 Luaor Majene, SMKN 2 Majene, SMK Rangas Mamuju dan SMK Papalang Mamuju.

Selain itu, ada 3 Sekolah/Madrasah yang mendapat rekomendasi ditutup, yakni MTSS Darul Iman Wattaqwa Polman, SDN Pamoseang Mamuju dan SMA Swasta PGRI Mamuju,” jelasnya.

Lanjut dikatakan, kriteria mendapatkan Akreditasi A, BAN S/M telah menetapkan 8 poin standar sebagai alat ukur Akreditasi yang harus dipenuhi Sekolah/Madrasah, yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, pengelolaan program studi, standar penilaian, standar pengabdian kepada masyarakat, dan standar penilaian.

Amran HB, keempat Sekolah/Madrasah tersebut berhasil memenuhi kedelapan kriteria atau poin standar Akreditasi yang telah ditetapkan oleh BAN S/M,” tutupnya. (Asr)