Wabup Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Mateng

 

MATENG, POROSSULBAR – Pengukuhan bunda PAUD Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Mamuju Tengah dihadiri oleh Wakil Bupati, Wakil ketua DPRD, ketua TP PKK, kepala dinas, ketua gabungan organisasi wanita, ketua dan pengurus beserta anggota himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia Kabupaten Mamuju Tengah.

Ketua beserta pengurus ikatan guru taman kanak-kanak Indonesia Kabupaten Mamuju Tengah, para camat, kepala desa, orang tua, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh wanita se Kabupaten Mamuju Tengah, di ruang pola kantor Bupati Mamuju Tengah, Sabtu (7/3/2020).

Dalam sambutannya, bunda PAUD Kabupaten Mamuju Tengah yg diwakili oleh Hj. Hartati Amin Jasa mengatakan bahwa tujuan pengukuhan bunda PAUD kecamatan dan desa se-kabupaten Mamuju Tengah ini adalah untuk membangun ekosistem pendidikan sejalan dengan visi kemitraan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD).

“Oleh karena itu, di harapkan kemitraan seluruh organisasi lembaga PAUD dapat berjalan dengan baik dan bermakna.

Kepada seluruh pengurus organisasi lembaga PAUD kami pesankan agar dapat lebih meningkatkan lagi intensitas dalam melakukan koordinasi dan komunikasi, baik kepada pemerintah maupun kami sebagai bunda PAUD Kabupaten Mamuju Tengah, supaya semua kegiatan dan program PAUD bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Sebagai bunda PAUD Kabupaten Mamuju Tengah, kami pesankan kepada seluruh peserta dan pemangku kepentingan terkait lainnya, melalui pelantikan ini mari bersama kita rumuskan dan kita bangun sistem koordinasi dan komunikasi aktif antara satu dengan yang lain.

Sementara wakil Bupati Mamuju Tengah, H. Muh. Amin Jasa menyampaikan betapa pentingnya pendidikan anak usia dini, sehingga pemerintah tak henti-hentinya membuat regulasi serta aturan untuk bagaimana menangani pendidikan itu sendiri.

“Yang di mulai sejak anak lahir sampai nanti bisa menjadi sosok warga negara yang baik, dalam rangka melanjutkan pembangunan negara secara umum dan pembangunan daerah secara khusus.

PAUD itu penting, karena disinilah kita akan membentuk karakter generasi kita, disinilah kita akan meletakkan dasar-dasar mental karakter, yang kita harapkan dapat menjadi warga negara yang baik,” tuturnya.

“Ia juga mengatakan bahwa, mendidik anak-anak sejak dini itu sangat penting, karna otak mereka itu tajam untuk merekam dan menyimpan apapun yang kita perlihatkan, apapun yang kita perdengarkan, itu semua terekam di memori otaknya yang begitu tajam.

Sehingga dengan demikian, jika kita mendidik anak itu sama dengan kita mengukir diatas batu, tidak akan pernah lekal dipanas dan takkan perna larut dihujan, dia akan dibawa sampai kapanpun apa yang dia dapatkan disaat kita didik diusia dini, kalau pendidikan lanjutan itu hanya melanjutkan, yang terpenting adalah bagaimana memberikan pendidikan anak itu diusia dini karna disinilah yang menentukan.

“Dan kita perlu berhati-hati untuk mendidik generasi diusia dini, karna apa yang dia dengar, apa dia lihat itu akan tersimpan dan tercatat dengan tinta emas didalam otaknya yang tak mungkin terlupakan,” ungkapnya. (**)

Wenttry