MAMUJU, POROSSULBAR – Masih segar dalam ingatan, terkait polemik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sulawesi Barat yang usianya belum cukup setahun. Kini enam Direktur perusahaan daerah itu dikabarkan rame-rame minta kendaraan berupa mobil jenis innova. 

“Perilaku yang cukup memiriskan karena sejatinya perusahaan ini harusnya melakukan pembenahan manajemen untuk mencapai tujuan dibentuknya organisasi tersebut.

Jangankan mengukur kinerja, lokasi kantor BUMD Sulbar saja belum diketahui publik. Malah beberapa Direktur telah mengambil dua jenis mobil innova dan empat mobil lainnya telah di incar untuk digunakan para Direktur perusahaan BUMD.

Enam jenis mobil innova yang diincar ini merupakan kendaraan fasilitas anggota DPRD Sulbar yang dikembalikan ke bagian aset, akibat terbentur aturan yang dikeluarkan pemerintah.

“Lantas apa yang mendasari para direktur BUMD Sulbar untuk mendapatkan kendaraan dinas. Khawatirnya,  penggunaan randis oleh direktur BUMD Sulbar ini sikap membabi buta.

Sehingga masuk unsur tindakan korupsi yang memanfaatkan aset negara tanpa ada prosedur yang jelas.

Hal yang pasti, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat, manakala sektor-sektor tersebut belum dapat dilakukan oleh pihak swasta.

Dibentuknya BUMN dan BUMD didasari oleh ketentuan UUD Pasal 33 khususnya ayat (2) dan (3) yang mengandung maksud bahwa; Cabang-cabang produksi penting bagi Negara yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.

Kemudian bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Kepala Bidang Aset BPKPD Pemprov Sulbar,  Iwan Nugraha kepada media ini di Mamuju, Senin (5/2/18) menyampaikan,  ada enam unit mobil yang telah di incar oleh direktur BUMD Sulbar. Berikut;

*Direktur Utama BUMD Sulbar
mobil innova DC 1137
*Direktur Utama BUMD Sulbar
mobil innova DD 563 XY
*Direktur PT Sulbar Agro Malaqbi
mobil innova DC 1285
*Direktur PT Sulbar wisata Malaqbi
mobil innova DD 577 XX
*Direktur PT Sulbar Pembangunan Malaqbi
mobil innova DC 1311
*Direktur Keuangan BUMD Sulbar
mobil innova DC 1320.

“Dari enam mobil tersebut, telah ada dua unit kendaraan mobil merk Innova yang telah diambil. Saya tidak tahu, entah lewat mana mereka mengambil kendaraan itu, “katanya.  (*/Asr)

(Oleh : Aco Ahmad/ dewan etik IJS)