MAMUJU, POROSSULBAR – Bantuan mesin katinting khusus Nelayan yang di gelontorkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang di peruntukan untuk warga miskin di Mamuju Sulawesi Barat, ternyata dipungut biaya.

Tepatnya di desa Bambu Kabupaten Mamuju Prov. Sulbar, sebanyak 56 warga Nelayan yang mendapatkan bantuan mesin katinting merek Honda, Nelayan yang mendapatkan bantuan mesin tersebut yang memiliki kartu Nelayan, mereka harus membayar senilai Rp 300 ribu rupiah perorangnya.

“Kami di suruh bayar Rp 300 ribu untuk mendapatkan mesin katinting tersebut oleh pengurusnya pak, dan kalau tidak bayar, maka kami tidak akan dapat mesin itu, jadi terpaksa kami cari jalan keluar untuk membayarnya karena kami sangat membutuhkan mesin itu untuk bisa menangkap ikan demi kebutuhan hidup sehari – hari, “kata salah seorang Nelayan, melalui porossulbar.com

Saat di konfirmasi, Kepala Bidang tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju, Hj Fatia mengatakan bahwa tidak di benarkan adanya pungutan untuk segala macam bentuk bantuan mesin katinting khusus Nelayan.

“Itu tidak di benarkan dek, yang namanya bantuan itu gratis selama dia memiliki kartu Nelayan dan nama si penerima ada dalam daftar untuk mendapatkan mesin tersebut, yang jelas kami dari pihak Dinas tidak pernah melakukan itu dan kalaupun ada, berarti ada oknum yang bermain dan berani melakukannya, “tegas Hj Fatia.. (*/end).