MAMUJU, POROSSULBAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat dapil Kabupaten Mamuju, H Muhammad Jayadi, S.Ag, SH, MH., hearing dialog bersama masyarakat Kecamatan Tapalang Barat, di rangkaikan buka bersama di Pasa’bu, Selasa 04 Mei – 06 Mei 2021.

Kegiatan dialog yang mengangkat tema “Optimalisasi fungsi pendidikan di bulan suci Ramadhan” Dihadiri sejumlah tokoh
masyarakat, unsur pemerintah Camat Tapalang Barat, tokoh agama, tokoh pemuda dan perempuan, serta sejumlah masyarakat. Dengan tetap mengedepankan prokes, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dalam pembuka dialognya, Muhammad Jayadi mengatakan bahwa tak terasa, kita sudah berada di hari 24 Ramadhan dalam melaksanakan ibadah puasa. Rasa senang, bahagia dan gembira hati kita bertemu kembali dengan bulan Ramadhan yang begitu banyak amalan- amalan yang dapat kita lakukan untuk mengisi bulan yang penuh berkah dan pengampunan ini.

“Allah juga menjanjikan begitu banyak rahmat dan karunia yang diberikan pada bulan suci ini. Merasakan gembira dan bahagia saja atas kehadiran bulan ini, maka akan di haramkan api neraka dari diri kita, demikian sabda Rasullullah SAW,” ucapnya.

Apabila mereka yang mengisi bulan ini dengan ibadah yang maksimal, yaitu Syiam pada siang harinya, Qiyamu Ramadhan ( Shalat tarawih) pada malam harinya dan di sempurnakan dengan tadarus dan mengkaji Al-Quran. Maka tak terbayangkan serta tak tergambarkan karunia dan rahmat yang akan di limpahkan Allah kepada kita atau hamba-hambanya yang taat kepada- Nya.

Di dalam ibadah Ramadhan, banyak hikmah yang dapat di peroleh oleh kaum muslimin, baik dari ibadah puasa itu sendiri, maupun dari ibadah-ibadah lain yang di lakukan pada bulan suci tersebut. Dan di dalam ibadah puasa Ramadhan, terdapat banyak nilai-nilai pendidikannya. Ada 6 nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ibadah puasa Ramadhan.

Pertama puasa ramadhan dapat membentuk sikap sosial yang tinggi, kedua puasa ramadhan dapat mendidik manusia untuk berdisiplin, ketiga puasa mendidik manusia untuk bersifat jujur, keempat puasa meningkatkan iman dan taqwa, kelima nilai kebersamaan, dan terakhir puasa mendidik sabar,” jelas Jayadi, ketua fraksi NasDem DPRD Sulbar ini.

Jayadi juga mengajak semua yang hadir di momentum bulan Ramadhan ini, untuk meningkatkan iman dan ketakwaan dalam melakukan amalan – amalan serta ibadah.

“Banyak beribadah di bulan suci Ramadhan, bisa menginspirasi di dalam dunia pendidikan kita. Apalagi Ramadhan biasa di sebut syahru Tarbiyah atau bulan Pendidikan,” ungkapnya.

“Maka bersyukurlah kita masih di beri kesempatan dan kesehatan untuk menjalankan amalan – amalan serta ibadah di bulan Ramadhan ini, sebab Panglima utama kita adalah kesehatan,” pungkas Jayadi. (Asr)