MAMUJU, POROSSULBAR – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat H. Muhammad Jayadi S.Ag SH MH melakukan sosialisasi Perda tentang pengarusutamaan gender di Kecamatan Mamuju dan Simboro, tanggal 7-9 Mei 2021.

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, lembaga dan masyarakat kecamatan Simboro dan Mamuju.

Dengan kegiatan tersebut, masyarakat sangat bersyukur tentang adanya kegiatan sosialisasi Perda tentang pengarusutamaan gender.

Dimana kegiatan ini merupakan peraturan yang memberikan keutamaan terhadap kaum perempuan yang selama ini peran perempuan sangat dibatasi.

Anggota komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Jayadi memberikan pemahaman tentang peraturan daerah Provinsi Sulawesi Barat keutamaan gender bahwa hal ini sangat dibutuhkan di Sulawesi Barat mengingat soal keadilan sosial bagi seluruh rakyat merupakan konsep dalam undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 yang untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender yang merupakan amanah undang-undang Dasar 1945 dalam bidang ekonomi sosial budaya, hukum dan politik.

Pengarusutamaan gender di daerah yang selanjutnya disebut PUG adalah strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan gender  menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan di daerah,” jelas Jayadi, legislator NasDem ini. (Asr)