MAMUJU,  POROSSULBAR – Dalam rangka menyambut gelaran PON XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang. Pengurus provinsi percasi Sulawesi Barat menggelar rapat evaluasi dan koordinasi, Mamuju, Sabtu (5/6/2021).

Rapat yang dilaksanakan di sekretariat percasi sulbar ini, tepatnya di jalan yos sudarso anjungan pantai manakarra, di pimpin langsung ketua Percasi Sulbar, dewan pembina dan dihadiri sebagian besar pengurus percasi sulbar, pemerhati serta insan catur sulawesi barat.

Dalam sambutannya, ketua percasi sulbar Muhammad Jayadi menyampaikan bahwa untuk menyambut PON kedepan harus dipersiapkan sejak dini terutama dari Atlet yang akan ikut bertanding di turnamen nanti.

“Kita harus perbanyak bangun komunikasi, terutama tim yang sudah dibentuk yang diantaranya manager, pelatih dan atlet,” kata Jayadi.

Lebih lanjut dikatakan Jayadi, bahwa percasi sulbar akan menggelar turnamen besar yang akan dipusatkan di mamuju, yaitu Gubernur Cup. Dengan menghadirkan pemain-pemain nasional bergelar master.

Juga untuk pertama kalinya, percasi sulbar akan membuka sekolah catur di mamuju. Yang tujuannya untuk mencari bibit-bibit atlet catur potensial, sehingga kedepan mampu mencetak master catur yang handal.

“Kita akan laksanakan turnamen catur gubernur cup, kalau perlu kita hadirkan pecatur nasional,” jelasnya.

“Untuk sekolah catur, kita akan lakukan studi banding ke sekolah catur yang sudah ada, disamping kita datangkan pelatih dari jawa dan makassar, juga kita akan berdayakan pelatih lokal yang ada,” urai Jayadi, yang akrab disapa bang jaya ini.

Hasil rapat evaluasi pengurus juga menunjuk dan menetapkan Nurhayadi sebagai Ketua Harian percasi sulbar dan Mansur So’na sebagai ketua bidang sekolah catur yang sudah cukup lama kosong. Ini disepakati sebagian besar pengurus untuk selanjutnya ditindaklanjuti sekretaris umum percasi sulbar dengan bersurat ke PB Percasi. (As/)