MAMUJU, POROSSULBAR – Bantuan pemerintah pusat lewat kementerian pertanian melalui anggaran APBN telah terbagi merata ke seluruh daerah di Indonesia.

Demikian halnya di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat telah dilakukan penyerahan bantuan Alsintan secara simbolis, dan dihadiri langsung perwakilan dari kementerian pertanian di Desa Kalukku Barat, Kamis (22/10/20).

Wakil Ketua DPR-RI, Rachmat Gobel saat wawancara diselah kunjungan kerjanya di Mamuju, Minggu (25/10) mengatakan bahwa adapun bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Berupa Traktor roda empat/TR4
Traktor roda dua/TR2, Cultivator, Pompa Air, Handsprayer dan ada alat pasca panen combine dan dros jagung, itu murni dari Pemerintah Pusat melalui Anggaran APBN.

Bantuan ini diperuntukkan untuk para petani, melalui kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten Mamuju, guna untuk memudahkan para petani dalam  melakukan pengolahan tanah, baik itu dilahan sawah maupun lahan tanaman pangan dan hortikultura,” ujar Rachmat Gobel.

Dan pembagian bantuan Alsintan ini, agar sekiranya dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk bisa meningkatkan hasil pertanian, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani,” kuncinya.

Pembagian Alsintan di Kecamatan Kalukku tersebut murni bantuan dari Pemerintah Pusat Republik Indonesia, dan jangan ada yang mengklaim kepentingan pribadi.

“Cuma penyalurannya melalui perwakilan anggota DPR RI dapil daerahnya masing-masing, saat dibagi-bagikan ke masyarakat,” pungkasnya.

“Itu murni bantuan dari pemerintah RI, dari uang rakyat. Kalau ada yang klaim bantuan itu dari pribadi, itu salah,” tutur Rachmat Gobel dengan nada tegas. (Ir//**)