MAMUJU, POROSSULBAR – Rapat evaluasi pelaksanaan APBD Sulbar terus dilakukan komisi IV DPRD Sulbar, hari ini giliran Dispora Sulbar memaparkan program dan realisasi anggaran di hadapan anggota komisi IV. Rapat dipimpin ketua komisi IV DPRD Sulbar H.Sudirman.

Kepala Dispora Sulbar, Muh.Hamzih menjelaskan realisasi anggaran pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar baru sekitar 2 persen. Realisasi itupun merupakan gaji para ASN.

“Dispora baru realisasi 2 persen, realisasi untuk anggaran fisik masih belum ada, UP kita juga belum cair, ini karena DPA lambat jadi dan anggarannya belum turun,” kata Hamzih menjawab pertanyaan ketua Komisi.

Menanggapi hal itu, komisi IV DPRD Sulbar mengaku sangat kecewa dengan kinerja OPD di Lingkup Pemprov.Sulbar khususnya mitra komisi IV. Ketua komisi IV H.Sudirman menegaskan di bulan yang sama tahun sebelumnya realisasi APBD sudah diatas 15 persen.

“Masak belum mencairkan UP nya, biasanya bulan satu UP sudah cair, tahun ini masih membeku di kasnya Mujib. Kita minta ini menjadi perhatian serius pimpinan daerah,” kata politisi partai Golkar ini.

Selain mengenai realisasi program dan anggaran, rapat tersebut juga membahas perihal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rencananya akan di gelar di Papua pada Oktober 2021 mendatang.

Agar Sulbar dapat maksimal di PON, Sudirman meminta pembinaan untuk para atlit di setiap cabang olahraga (Cabor) harus terus dilakukan.

Ketua Golkar Mamasa ini meminta agar setiap kabupaten fokus membina satu cabang olahraga saja, hal ini penting dilakukan agar dapat memaksimalkan pembinaan atlit di setiap daerah.

“Pembinaan harus terus dilakukan untuk menciptakan atlit yang berprestasi. Kita harus tampil maksimal di PON nanti,” harap Sudirman.

Selain Dispora Sulbar, Rapat evaluasi APBD Sulbar juga dilakukan dengan sejumlah OPD lain seperti Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. (**)