MAMASA, POROSSULBAR– Anggota DPRD Sulbar dapil Mamasa H.Sudirman menggelar reses di tiga titik, yakni di Desa Binanga Kecamatan Bambang tanggal 6 Februari 2021, di Desa Salurano Kecamatan Malaqbo tanggal 7 dan di Desa Salumasa Kecamatan Mambi, Senin (8/2/2021).

Kepada wartawan H.Sudirman menjelaskan bahwa mayoritas masyarakat di tiga desa yang menjadi titik reses tersebut merupakan petani, sehingga rata-rata mereka meminta sarana dan prasarana pertanian seperti Dompeng, Dross dan alat pemotong rumput.

“Mereka juga meminta agar ada bantuan bibit padi, bibit kopi, jagung dan pupuk. Kemarin ada informasi bahwa ada bantuan pupuk untuk masyarakat disini, tapi menurut petani kwalitasnya tidak baik, nyaris tidak ada efeknya,” Kata ketua Golkar Mamasa ini.

Selain itu ketua Komisi IV itu menerangkan bahwa masyarakat di dua kecamatan, yakni Mambi dan Bambang sangat membutuhkan irigasi untuk pengairan sawah para petani.

“Mereka juga meminta jalan tani, dan pencetakan sawah baru. Untuk jalan tani mereka minta agar bisa diswakelolakan. Swakelola menurut mereka dapat membantu perekonomian petani dimasa pandemi seperti ini,” jelasnya.

Menyikapi seluruh aspirasi masyarakat tersebut, politisi senior partai Golkar ini menegaskan siap pasang badan memperjuangkan kepentingan petani di kabupaten Mamasa, khususnya di tiga desa tersebut.

Namun terlebih dahulu akan memilah seluruh usulan masyarakat itu sebelum di usulkan masuk dalam APBD Pemprov Sulbar.

“Pertama terlebih dahulu kita akan singkronkan, mana yang masuk menjadi kewenangan kabupaten dan mana usulan masyarakat yang masuk kewenangan Pemerintah Provinsi.

“Kalau usulan itu masuk menjadi kewenangan Pemprov, maka tugas saya di DPR kasi Gol itu barang-barang,” tegasnya sersenyum.

Terakhir kata Sudirman, masyarakat di dua kecamatan, yakni Bambang dan Mambi sangat berharap agar ada bantuan bedah rumah. Banyak rumah warga yang kondisinya sangat memprihatinkan, butuh campur tangan dari pemerintah.

(**/Adv)