MAMUJU, POROSSULBAR – DPRD Provinsi Sulawesi Barat, yaitu pimpinan dan anggota Komisi IV menerima kunjungan kerja pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah

Kunker sekaligus penyerahan bantuan kemanusiaan dari Komisi IV DPRD Sulteng ini, diterima langsung wakil ketua Komisi IV DPRD Sulbar, H Muhammad Jayadi, S.Ag, SH bersama anggota komisi IV lainnya disalah satu Warkop di kota Mamuju, Selasa (26/1/21).

Jayadi mengatakan bahwa pimpinan dan anggota komisi IV DPRD Sulbar menyambut baik kedatangan pimpinan dan anggota komisi IV DPRD Sulteng.

Dalam pertemuan itu, banyak hal yang menjadi masukan teman-teman komisi IV DPRD Sulteng, terutama berkaitan penanganan percepatan pemulihan pasca bencana.

“Sebab belajar dari gempa dan tsunami Palu 2018 kemarin, tentu banyak hal-hal yang perlu kita pelajari bersama. Jadi Kunker teman-teman komisi IV ini momentum yang baik, untuk kita sharing informasi sekaligus sharing pengalaman,” ungkap ketua fraksi NasDem ini via telepon.

Jayadi juga menerima bantuan kemanusiaan secara simbolis dari komisi IV DPRD Sulteng, selanjutnya akan diserahkan ke Dinsos Sulbar untuk didistribusikan kepada para pengungsi korban gempa.

Lanjutnya, DPRD Sulbar juga telah menyelesaikan rapat, dan telah disepakati pembentukan tiga pansus, yaitu Pansus pengawasan rehab dan rekonstruksi pasca bencana, Pansus percepatan pemulihan dampak sosial ekonomi masyarakat, serta Pansus penggunaan anggaran tanggap darurat dan pasca bencana.

“Insya Allah besok itu akan ditetapkan oleh pimpinan DPRD Sulbar, saya kira ini adalah satu instrumen lembaga DPRD untuk mempercepat proses penanganan bencana gempa Sulbar, pasca ditetapkannya situasi darurat oleh pak gubernur,” ucapnya.

Yang jelasnya pansus ini akan bekerja, mengawal percepatan penganggaran pasca pemulihan itu, karena pak Jokowi sudah menetapkan gempa Sulbar masuk dalam bencana Nasional pada saat kunjungan kerja Bapak Presiden RI di Mamuju beberapa hari yang lalu. (As/**)